Tentu bukan rahasia lagi kalau banyak ibu hamil yang sering mengalami mual. Meski rasa mual ini akan berkurang di trimester ketiga kehamilan, namun di awal masa kehamilan rasa mual ini seringkali muncul. Rasa mual atau yang sering disebut sebagai morning sickness, kerap menjadi pertanyaan bagi ibu hamil: berbahaya atau tidak, sih? Banyak yang menghawatirkan kalau morning sickness membuat ibu hamil tidak nafsu makan atau sekedar minum susu ibu hamil. Sebab, kebutuhan nutrisi ibu hamil harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.
Namun di lain sisi, mual saat hamil juga memberikan dampak positif bagi ibu hamil. Rasa
mual akan mengontrol pola makan ibu hamil sehingga tidak berlebihan. Rasa mual juga menandakan bahwa plasenta berkembang dengan baik dan juga membuat ibu hamil menyesuaikan aktivitasnya dengan janin. Walaupun demikian, morning sickness ini bisa membuat para ibu hamil tidak nyaman. Jadi, coba simak beberapa tips untuk mengatasi mual saat hamil berikut ini. (sc:alodokter.com)
1.      Hindari Makanan dengan Bau yang Menyengat
Wanita yang tidak hamil pun terkadang dapat merasa mual jika berhadapan dengan makanan yang berbau menyengat. Apalagi untuk ibu hamil, makanan yang berbau menyengat justru makin memperparah mual. Hindarilah makanan seperti buah duren, seafood yang berbau amis, dan makanan berbau menyengat lainnya.
2.      Jangan Terlalu Lelah
Pada masa kehamilan, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat, apalagi sampai kelelahan. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Ada olahraga khusus ibu hamil yang bisa Anda ikuti untuk merawat perkembangan janin. Tapi ingat, sesuaikan porsi olahraga Anda. Kelelahan justru akan membuat Anda semakin mual.
3.      Cari Udara Segar
Saat merasa mual, bukan berarti Anda boleh mager alias malas gerak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tetap perlu menjalankan aktivitas asal tidak berlebihan. Nah, saat mual datang, akan lebih bagus jika Anda berjalan-jalan santai untuk mencari udara segar.
4.      Atur Pola Makan
Pola makan tentu sangat memengaruhi rasa mual ibu hamil. Supaya tidak mual, sebaiknya Anda mengatur porsi makan. Makanlah sedikit demi sedikit, namun sering. Kurangi juga konsumsi makanan yang terlalu manis ataupun terlalu pedas.
Semoga bermanfaat! (Rima)

0 komentar:

Posting Komentar