Tidak bisa disangkal, furniture kayu jati memang memiliki kesan tersendiri. Tidak ada material yang terasa sangat mewah, tradisional, namun sederhana di saat bersamaan. Furniture ini juga bisa kita manfaatkan untuk membangkitkankenangan masa kecil kita dengan membuat sebuah ayunan, atau berbagai furniture lain yang berbentuk seperti mainan yang sering kita mainkan saat kecil. Keindahan ukirannya pun tidak jarang membuat siapa pun yang melihatnya terkagum-kagum saking rumitnya. Kayu jati juga bisa dengan mudah dipadupadankan dengan gaya ruang yang diinginkan, entah itu modern, tradisional, atau bahkan futuristik, kayu jati bisa memenuhinya. Itu dia alasan mengapa tidak jarang masyarakat lebih suka menjatuhkan pilihan pada furnitur kayu jati.
furniture kayu jatiNamun demikian, pilihan masyarakat pada furnitur bermaterial ini ternyata memiliki risiko lho. Pasalnya, kayu jati bisa dengan mudah ternoda jika tidak diawasi dengan hati-hati. Tidak jarang, kita menemukan noda berwarna putih pada permukaan meja yang disebabkan oleh cangkir berisi teh panas. Lantas, bagaimana caranya untuk menghilangkan noda-noda ini dari permukaan furnitur kayu jati kita?
1.       Manfaatkan kopi dan beras. Siapa sangka dua jenis bahan makanan yang selalu ada di dapur kita ini sangat bermanfaat untuk menghalau noda dan juga mencegahnya datang kembali? Ya, kopi dan beras terkenal dengan kekuatannya untuk menghilangkan bau. Ketika furnitur kayu jati di rumah mulai terasa berbau dan juga berjamur, taburkan kopi dan beras di tempat yang terasa bau dan diamkan selama seminggu. Dijamin, bau hilang dan jamur pun enggan menempel.
2.       Gunakan baking soda untuk menghilangkan noda. Ketika menemukan noda yang melekat di permukaan furnitur kayu jati, jangan hanya mengelapnya dengan kain lap biasa. Celupkan kain lap pada kain soda, lalu balurkan di tempat yang bernoda. Kita juga bisa mencampurkan baking soda dengan pasta gigi untuk menghilangkan noda yang membandel. Lakukan kegiatan ini secara berulang-ulang agar noda benar-benar hilang.
3.       Kenari dan kacang ternyata bukan hanya terasa enak dimakan, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk bersih-bersih. Ya, di negara barat sana, kenari dan kacang sering digunakan untuk membersihkan noda pada furnitur yang berwarna terang. Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan kenari dan kacang-kacangan lalu mengoleskannya dengan karet.

Ada furnitur kayu jati yang terkena noda? Yuk, coba bersihkan dengan cara di atas!

0 komentar:

Posting Komentar