internet aman
Berselancar di dunia maya dengan menggunakan fiber internet memang menyenangkan dan sedikit adiktif. Rasanya hampir semua orang sudah terkoneksi dan mengalami ketergantungan dengan dunia digital. Bahkan, hampir semua rumah saat ini memiliki koneksi internet pribadi, baik menggunakan fiber optic ataupun copper cable sebagai media transmisi datanya. Sementara, untuk mengakses internet di luar rumah, umumnya akan menggunakan ponsel yang sudah dilengkapi dengan koneksi internet, atau memanfaatkan koneksi free wifi yang terdapat pada fasilitas umum. Padahal, menggunakan jaringan wifi di tempat publik butuh kehati-hatian tingkat tinggi, lho. Pasalnya, salah langkah sedikit saja data pribadi Anda bisa hilang dan jatuh di tangan orang-orang tidak bertanggung jawab.
Supaya aman ketika menggunakan wifi umum, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini:
1. Pastikan jaringan wifi yang Anda pakai benar-benar terpercaya. Misalnya mengkoneksikan wifi ke gerai kedai kopi ternama, wifi perpustakaan, atau bahkan wifi mall. Jangan pernah memakai wifi yang memiliki nama aneh  dan tidak diketahui milik siapa.
2.    Jangan pernah mengaktifkan koneksi otomatis. Terkadang karena ingin praktis dalam menggunakan layanan wifi publik, Anda malah sengaja mengaktifkan mode connect automatically di pengaturan ponsel. Pengaturan ponsel yang seperti ini justru akan membuat hacker bisa dengan mudah menembus data-data pribadi Anda di internet. Bahaya, kan?
3.       Nonaktifkan mode sharing. Jika Anda berselancar di internet dengan menggunakan laptop, pastikan mode sharing pada perangkat Anda sudah dinonaktifkan. Caranya dengan mengatur jaringan dan internet di bagian control panel.
4.   Tambahkan VPN atau Virtual Private Network. Agar data pribadi tidak jatuh ke tangan ke orang yang salah, cobalah untuk mengunduh aplikasi VPN gratis di ponsel Anda. Layanan proteksi ini sangat baik dan berguna untuk melindungi semua data Anda ketika menggunakan wifi publik di tempat umum.
5.     Jangan mengunjungi sembarang website. Selain menggunakan koneksi wifi, hacker juga bisa menyusup ke dalam perangkat Anda melalui situs yang tidak dilengkapi dengan Secure Socket Layer (SSL). Oleh sebab itu, selalu pastikan bahwa website yang Anda kunjungi dilengkapi dengan SSL.
Itu dia beberapa tips internet aman yang bisa Anda lakukan supaya bisa berselancar di internet dengan menggunakan wifi publik secara aman. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar