Jika biasanya kita sering melihat Pemanas Air atau yang sering di sebut water heater (WH) ini digunakan di hotel atau penginapan saja, saat ini WH sudah menjadi kebutuhan rumah tangga banyak keluarga. Terutama bagi yang memiliki aktifitas padat, atau yang memiliki anak kecil menggunakan WH adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan menggunakan WH maka kita tidak perlu repot merebus air ketika membutuhkan air untuk keperluan mandi. Apalagi, jika WH yang kita gunakan dirumah adalah WH dengan tangki maka kebutuhan air panas kita akan selalu terpenuhi. Karena, meskipun sedang tidak digunakan air dalam tangki ini akan selalu dipanaskan untuk menjaga suhunya tetap tinggi.
Ada beberapa hal yang membuat keluarga lebih memilih menggunakan WH daripada cara tradisional (memasak air), yaitu:
·         Jumlah Air
Jika kita memasak air sendiri, pasti jumlahnya akan terbatas. Misalnya sebanyak satu panci yang diisi penuh. Lalu bagaimana jika ternyata air yang kita butuhkan lebih banyak dari itu? Sementara, kita sudah mulai mandi? Inilah salah satu alasan seseorang menggunakan WH, karena air panas akan selalu tersedia selama
proses mandi. Selama WH tetap dinyalakan saat proses mandi, air yang berada dalam tabung pada alat akan terus mengalami proses pemanasan, sehingga air panas akan selalu tersedia.
·         Hemat Tenaga
Mengisi air dalam panci, kemudian mengangkatnya ke atas kompor untuk dimasak, dan setelah air mendidih kita masih harus mengangkat panci berisi air panas tersebut untuk dituangkan ke bak mandi atau ember. Cara ini akan menghabiskan cukup banyak tenaga, dan juga saat mengangkat air yang telah mendidih ke kamar mandi, tentu akan berisiko tumpah atau risiko lainnya. Sementara, dengan menggunakan WH kita hanya perlu menyalakan alat ini, tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan air panas akan tersedia.
·         Hemat Waktu
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air satu panci penuh? Waktu yang dibutuhkan biasanya akan lebih lama dibandingkan proses pemanasan air dengan menggunakan WH. Apalagi, semakin baik kualitas WH kita dan akan semakin cepat pula proses pemanasan airnya. (Yv)

0 komentar:

Posting Komentar