Banyak cara merapatkan vagina yang biasanya lakukan oleh mereka yang sudah berumah tangga. Mulai dari cara tradisional hingga yang sampai ditangani oleh yang ahli. Salah satu cara merapatkan vagina adalah dengan melakukan senam kegel.

Senam kegel pertama kali dikenalkan oleh Dr Arnold Kegel pada tahun 1945. Awalnya senam kegel
ditujukan untuk para penderita yang mengalami gangguan tidak mampu mengontrol pengeluaran urin.
Senam Kegel adalah latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot dasar panggul, pubococcygeus muscles, atau populernya disebut otot PC.  Otot PC ini adalah bagian tubuh yang penting bagi wanita, karena di otot dasar panggul ini berkumpulnya otot-otot yang bertugas menyangga organ-organ penting, misalnya rahim, kandung kemih, dan rektum, agar tetap di tempatnya dan berfungsi dengan baik. Karena bermanfaat untuk menyangga  organ-organ penting itu, maka otot PC harus kuat.
Anda bisa merasakan di mana otot PC Anda berada, dengan cara :

1. Duduk di kursi, kaki sedikit terbuka dan punggung rata. Lakukan gerakan seperti buang angin. Anus akan terasa masuk, namun bokong dan otot paha tidak bergerak. Itulah gerakan otot PC.
2. Duduk di kursi, kaki sedikit terbuka dan tegakkan punggung. Lakukan gerakan seolah-olah menghentikan aliran urin saat berkemih, lalu membiarkannya mengalir lagi (stop and go). Itulah gerakan otot PC.
Dengan bisa merasakan di mana otot PC berada, latihan kegel akan lebih efektif.

Berikut ini merupakan dasar gerakan dari senam kegel:

1. Berbaring telentang, posisikan tangan di samping tubuh. Lalu buka kaki 30 cm dan tekuk lutut, telapak kaki menyentuh lantai. Sangga pundak dan kepala mengggunakan bantal.
2. Relaks, kendurkan sleuruh otot tubuh kecuali otot PC (otot dasar panggul/pubococcygeus muscles). Bernapas dengan normal dan hindari agar paha, bokong, dan otot perut tidak tegang atau bergerak selama berlatih.
3. Gerakan lambat. Kontraksikan otot PC secara perlahan-lahan dari ringan hingga maksimal, tahan selama 4 detik. Lemaskan dan relaks, 4 detik. Lemaskan dan relaks, 4 detik. Ulangi hingga 5 kali. Tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 10 detik baik untuk kontraksi maupun relaks.
4. Gerakan cepat, kontraksikan otot PC, tahan 1 detik, lemaskan 1 detik. Ulangi 5 kali. Perbanyak ulangan kontraksinya secara bertahap.

Dengan latihan sederhana ini Anda akan merasakan manfaat senam kegel untuk kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar