Tips mengecilkan perut dengan makanan sehat yang biasanya dimakan oleh masyarakat Jepang mungkin dapat Anda contoh, karena menurut data dari OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development), Jepang tercatat mempunyai tingkat obesitas terendah kedua di dunia setelah Korea. Tidak heran memang karena mereka memiliki moto “hara hachi bu” yang memiliki arti untuk berhenti makan setelah 80% kenyang.

Berikut beberapa makanan yang gemar mereka konsumsi, yang dapat menjadi tips diet Anda juga

Makan Sayur

Hampir pada setiap menu selalu akan tersedia sayur bahan menjadi hidangan utama dan sedikit daging merah. Daging merah hanya menjadi hidangan tambahan yang sesekai saja disajikan. Kebiaaan terhidangnya sayur pada makanan tentu membuat tubuh cukup akan serat.




Kacang kedelai

Dibandingkan negara lain, misalnya Cina yang hanya memakan kedelai hanya 10 gram per hari, orang Jepang mengonsumsi 50 gram kedelai tiap hari. Jauh lebih banyak. Kacang kedelai ini dalam bentuk misalnya tofu, miso maupun edamame.Tentunya kebiasaan ini sangat baik karena kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik untuk pengganti daging. Selain rendah lemak jenuh dan kolesterol, kacang kedelai merupakan sumber protein nabati dan mengandung serat.


Bersahabat dengan nasi
Sedikit sama dengan negara kita, namun mereka hanya makan nasi dengan porsi kecil walaupun itu bisa hingga empat kali sehari. Dengan gaya hidup seperti itu mereka dapat menhindari camilan berkalori tinggi. Menurut dr Sophia Hage, karbohidrat memang baik dan tidak boleh dihindari.Normalnya, kita membutuhkan 50% hingga 60% karbohidrat dari total makanan yang kita konsumsi. Dengan catatan, konsumsilah karbohidrat yang baik, yaitu karbohidrat kompleks misalnya pada roti gandum dan nasi merah. Karbohidrat kompleks akan diproses perlahan sehingga membuat Anda tidak mudah lapar. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang terkandung dalam nasi putih atau roti putih.
 
Teh Hijau
Selain bunga sakura, teh hijau juga identik dengan Jepang karena memang gaya hidup mereka yang secara turun-temurun menggemari teh.Gaya hidup ini membawa kebaikan juga pada tubuh karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi






Ikan
Sebuah Penelitian menujukkan orang yang mengalami obesitas dan mengosumsi ikan tiga kali seminggu dapat kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak makan ikan sama sekali.Hal ini tentunya menguntungkan bagi masyarakat Jepang yang begitu menggemari ikan dibandingkan daging merah.Mereka makan ikan saat  sarapan,  makan siang dan dan makan malam.
Tentunya pengolahan bahan makanan pun harus diperhatikan dengan baik,di Jepang padaa umumnya mereka mengolah makanan tetap pada koridor yang sehat, misalnya dimakan mentah, kukus,rebus. Pengolahan yang mengandung banyak minyak, bahan makanan yang tidak sehat tentunya tidak akan membawa dampak pada kesehatan Anda.

(Mew)

0 komentar:

Posting Komentar