Mengapa Green Data Center Indonesia semakin sering kita dengar akhir-akhir ini? Wajar jika ini terjadi karena dunia online atau internet  semakin baju, seperti misalnya dunia kreatif  yang memaksa informasi secara online sangat maju pesat. Dunia online seperti sekarang ini menyebabkan ledakan data atau big data (data besar). Data-data ini dapat berupa data voice (suara), image (gambar)  teks, audio visual, serta data digital lainnya yang hilir mudik dan memerlukan penyimpanan secara umum atau individual agar terjamin keamanannya.

green data center

Fenomena big data digital ini semakin hari semakin tak dapat terhindarkan sehingga menuntut perusahaan besar maupun kecil meningkatkan kapasitas data center mereka. Terutama untuk menunjang operasional infrastruktur teknologi informasi (TI) yang scalable agar perusahaan tetap bisa menjalankan bisnisnya dengan baik dan aman, sekaligus memiliki kemampuan meningkatkan daya saing di masa depan.

Green Data Center Indonesia merupakan tempat penyimpanan perangkat dengan sistem pendingin, elektrikal, pencahayaan dan IT yang dirancang untuk memaksimumkan efisiensi energi dan meminimumkan dampak negative terhadap lingkungan di Indonesia. Fasilitas green data center ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan misalnya AC dan ventilasi, pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik.

Green data center tentu sangat dianjurkan untuk mengamankan data perusahaan tapi tetap memeperhatikan lingkungan. Aman data dan Lingkungan. (mew)

0 komentar:

Posting Komentar