Akhir-akhir ini seringkali kita disuguhkan iklan mengenai glukosamin yang baik untuk tulang atau sendi (menghilangkan nyeri sendi), tapi beberapa dari kita pasti sedikit bingung apakah glukosamin itu? Dan bermanfaatkah untuk tulang atau sakit osteoporosis yang harusnya membutuhkan kalsium?

nyeri sendi
Glukosamin adalah senyawa yang secara alami terdapat pada tubuh, terutama pada jaringan penghubung dan jaringan tulang rawan. Glukosamin tersusun dari glukosa dan asam amino glutamin. Produksi glukosamin akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Bersama dengan kondroitin, glukosamin sudah banyak terbukti dapat membantu mengatasi masalah sendi pada penderita osteoarthritis. (Osteoarthritis adalah penyakit nyeri sendi yang paling banyak ditemukan dan disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang rawan).

Sedangkan untuk tulang, selain kalsium, glukosamin juga bermanfaat yaitu dapat membantu menghambat terjadinya perubahan metabolisme tulang pada penderita osteoarthritis. Seperti tercantum pada jurnal Arthritis and Rheumatism, suplementasi glukosamin dapat menghambat terjadinya peningkatan laju pembongkaran tulang yang dialami oleh penderita osteoarthritis. Glukosamin juga menghasilkan glycosaminoglycan, yang penting dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan jaringan tubuh lainnya.
Glukosamin ibaratnya adalah seperti pelumas agar tulang rawan tidak saling berbenturan hingga menimbulkan nyeri pada sendi. Untuk mengurangi nyeri sendi kita dapat meminimalkan faktor-faktor penyebab nyeri sendi dan konsumsi makanan yang dapat membantu sendi. Semoga bermanfaat. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar