Rawan sendi terkadang dikira adalah suatu penyakit atau gejala sakit pada sendi.Tapi sebenarnya pandangan bahwa rawan sendi adalah suatu penyakit adalah keliru.

Rawan sendi adalah sejenis ataupun nama penyakit pada sendi.


Rawan Sendi
Rawan sendi bisa disebut juga sebagai tulang rawan sendi.  Tulang rawan sendi memiliki fungsi untuk melapisi ujung tulang pembentuk sendi, sehingga sendi dapat bergerak bebas tanpa rasa nyeri. Tulang rawan sendi melindungi tulang Agar tidak mudah keropos dan melindungi dari gesekan yang terjadi. Tulang rawan sendi mengandung  sejumlah senyawa organik yaitu ikatan glukosamin-chondroitin dan normalnya tulang rawan sendi terdiri atas beberapa komponen seperti : 95% air dan matriks ekstrasel, 5% sel kondrosit. semuanya itu berfungsi sebagai shock breaker atau penyangga sehingga saat sendi2 kita gerakkan tidak akan terasa sakit.

Jika tulang rawan sendi rusak dan menipis, ujung tulang pembentuk sendi akan saling bertemu dan bergesekan langsung tanpa pelapis tulang rawan, sehingga menimbulkan nyeri sendi.

Nyeri pada sendi dapat menjadi indikasi dari berbagai gangguan kesehatan yang serius termasuk: kanker tulang, bursitis, fibromyalgia, asam urat, lupus, penyakit Lyme, osteoporosis, rakhitis dan tendonitis.

Semoga penjelasan diatas tidak membuat kita lebih mengerti apakah rawan sendi itu. 

0 komentar:

Posting Komentar