Jakarta – Sejalan dengan
tren global, market travel online di Indonesia sedang tumbuh dengan sangat
pesat. Menurut data yang ada, nilai total reservasi untuk hotel di Indonesia
melalu OTA (online travel agent) setidaknya diperkirakan telah mencapai USD200
juta lebih, atau sekitar Rp2 triliun lebih setahun. Laju pertumbuhannya
rata-rata sebesar 200-300 persen setiap tahunnya. Ini baru data untuk hotel,
belum termasuk penerbangan, car rental, restoran, dan bisnis terkait lainnya.
Komposisi antara
wisatawan lokal dengan mancanegara yang melakukan reservasi hotel di Indonesia
via OTA masih timpang, 20:80. Artinya, ditambah faktor penetrasi internet
Indonesia yang baru menyentuh angka 22%, peluang bisnis ini di Indonesia masih
terbuka lebar.
Sayangnya, di tengah
prospek yang positif ini, industri OTA di Indonesia masih didominasi pemain
asing. Tak kurang dari 80 persen pangsa pasar online travel di Indonesia saat
ini dikuasai oleh OTA asal Thailand dan Amerika Serikat. Berangkat dari fakta
itulah, pada hari ini, Senin, 24 September 2012, sebuah OTA “asli Indonesia”
bernama GONLA.com diluncurkan ke publik.
“Indonesia tidak boleh menjadi sekadar pasar
di tengah pertumbuhan bisnis digital yang luar biasa ini, termasuk dalam hal
online travel. Karena itulah, kami meluncurkan GONLA.com yang dirancang dan
dioperasikan oleh putra-putri Indonesia,” ujar Anindya Novyan Bakrie, Presiden
Komisaris VIVA Media Group, yang menaungi GONLA.com. VIVA Group saat ini juga
dipimpin oleh Erick Thohir selaku Presiden Direktur.
“Banyak pakar di
industri pariwisata meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara yang akan
menjadi motor penggerak utama pertumbuhan pasar online travel di Asia Pasifik,
“ ditambahkan Anindya, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin
Indonesia.
Tentang GONLA.com
GONLA.com diinkubasi
oleh Nusantara Ventures—perusahaan investasi new media—dan merupakan bagian
dari VIVA.co.id, salah satu portal terbesar di Indonesia. Ada 4 kelebihan Utama
GONLA.com dibandingkan OTA lain, yakni:
1. Best Price Guarantee
GONLA.com menawarkan
berbagai promo hotel sepanjang tahun serta jaminan harga terbaik untuk ribuan
hotel yang masuk jaringannya. Dengan jaminan ini, semua pelanggan akan
memperoleh penggantian selisih harga bila dapat membuktikan ada harga yang
lebih rendah untuk hotel yang telah dipesan online. Sistem GONLA.com yang unik,
dirancang untuk membantu pelanggan menggali informasi tentang berbagai promo
hotel dan lalu membandingkannya untuk mendapat harga termurah. GONLA.com juga
menyediakan sistemperformance analytics untuk rekanan hotel untuk menganalisis
secara real-time dan meningkatkan tingkat hunian.
2. >2.000 Hotel +
Flight + Car Rental
Telah memiliki 2.000
lebih rekanan hotel, yang tersebar dari Aceh sampai Papua, menjadikan GONLA.com
sebagai OTA Indonesia dengan jaringan hotel terbesar. Selain hotel, kami juga
menyediakan layanan reservasi penerbangan dan car rental secara offline.
3. Online + offline
Berbeda dengan OTA lain,
GONLA.com menggabungkan layanan online dan offline. Selain dapat menelepon ke
nomor 021-929-GONLA(46652), pelanggan juga dapat melakukan reservasi di kantor
kami. GONLA.com juga menyediakan saluran customer support di Indonesia, yang
menggunakan Bahasa Indonesia maupun Inggris dan buka 24 jam seminggu. Petugas
customer support GONLA.com dapat dihubungi untuk memberikan rekomendasi
layaknya penasihat perjalanan pribadi. Sekadar informasi, hampir semua OTA
asing mewajibkan pelanggan menghubungi nomor telepon internasional dan
berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
4. Pembayaran
Saat ini baru sekitar 15
juta orang Indonesia yang memiliki kartu kredit. Namun, hampir semua OTA asing
hanya menerima pembayaran atau jaminan menggunakan kartu kredit. Untuk
mengatasi keterbatasan ini, GONLA.com menawarkan sistem pembayaran yang paling
komprehensif. Selain melalui kartu kredit, pelanggan GONLA.com dapat melakukan
pembayaran melalui transfer ke rekening kami di enam bank nasional terbesar
(BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata, CIMB Niaga), Paypal, bahkan juga membayar
tunai di kantor-kantor GONLA.com.
PROMO: Cash Back
Rp100.000
Dalam rangka peluncuran
ini, hingga tanggal 30 September 2012, GONLA.com memberikan promo menarik
berupa cash back atau potongan harga langsung untuk setiap pemesanan hotel
secara online sebesar Rp50.000 dan Rp100.000 per pemesanan. Untuk informasi
selengkapnya, klik di sini.
Jakarta, 24 September
2012
Media Contact
Suci Primadhanti, Public
Relation Officer (+62812-1048-3031), suci@gonla.com
Sumber: Tips Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar