Jakarta – Sejalan dengan tren global, market travel online di Indonesia sedang tumbuh dengan sangat pesat. Menurut data yang ada, nilai total reservasi untuk hotel di Indonesia melalu OTA (online travel agent) setidaknya diperkirakan telah mencapai USD200 juta lebih, atau sekitar Rp2 triliun lebih setahun. Laju pertumbuhannya rata-rata sebesar 200-300 persen setiap tahunnya. Ini baru data untuk hotel, belum termasuk penerbangan, car rental, restoran, dan bisnis terkait lainnya.

Komposisi antara wisatawan lokal dengan mancanegara yang melakukan reservasi hotel di Indonesia via OTA masih timpang, 20:80. Artinya, ditambah faktor penetrasi internet Indonesia yang baru menyentuh angka 22%, peluang bisnis ini di Indonesia masih terbuka lebar.

Hotel JakartaSayangnya, di tengah prospek yang positif ini, industri OTA di Indonesia masih didominasi pemain asing. Tak kurang dari 80 persen pangsa pasar online travel di Indonesia saat ini dikuasai oleh OTA asal Thailand dan Amerika Serikat. Berangkat dari fakta itulah, pada hari ini, Senin, 24 September 2012, sebuah OTA “asli Indonesia” bernama GONLA.com diluncurkan ke publik.

 “Indonesia tidak boleh menjadi sekadar pasar di tengah pertumbuhan bisnis digital yang luar biasa ini, termasuk dalam hal online travel. Karena itulah, kami meluncurkan GONLA.com yang dirancang dan dioperasikan oleh putra-putri Indonesia,” ujar Anindya Novyan Bakrie, Presiden Komisaris VIVA Media Group, yang menaungi GONLA.com. VIVA Group saat ini juga dipimpin oleh Erick Thohir selaku Presiden Direktur.

“Banyak pakar di industri pariwisata meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara yang akan menjadi motor penggerak utama pertumbuhan pasar online travel di Asia Pasifik, “ ditambahkan Anindya, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia.

Tentang GONLA.com

GONLA.com diinkubasi oleh Nusantara Ventures—perusahaan investasi new media—dan merupakan bagian dari VIVA.co.id, salah satu portal terbesar di Indonesia. Ada 4 kelebihan Utama GONLA.com dibandingkan OTA lain, yakni:

1. Best Price Guarantee

GONLA.com menawarkan berbagai promo hotel sepanjang tahun serta jaminan harga terbaik untuk ribuan hotel yang masuk jaringannya. Dengan jaminan ini, semua pelanggan akan memperoleh penggantian selisih harga bila dapat membuktikan ada harga yang lebih rendah untuk hotel yang telah dipesan online. Sistem GONLA.com yang unik, dirancang untuk membantu pelanggan menggali informasi tentang berbagai promo hotel dan lalu membandingkannya untuk mendapat harga termurah. GONLA.com juga menyediakan sistemperformance analytics untuk rekanan hotel untuk menganalisis secara real-time dan meningkatkan tingkat hunian.

2. >2.000 Hotel + Flight + Car Rental

Telah memiliki 2.000 lebih rekanan hotel, yang tersebar dari Aceh sampai Papua, menjadikan GONLA.com sebagai OTA Indonesia dengan jaringan hotel terbesar. Selain hotel, kami juga menyediakan layanan reservasi penerbangan dan car rental secara offline.

3. Online + offline

Berbeda dengan OTA lain, GONLA.com menggabungkan layanan online dan offline. Selain dapat menelepon ke nomor 021-929-GONLA(46652), pelanggan juga dapat melakukan reservasi di kantor kami. GONLA.com juga menyediakan saluran customer support di Indonesia, yang menggunakan Bahasa Indonesia maupun Inggris dan buka 24 jam seminggu. Petugas customer support GONLA.com dapat dihubungi untuk memberikan rekomendasi layaknya penasihat perjalanan pribadi. Sekadar informasi, hampir semua OTA asing mewajibkan pelanggan menghubungi nomor telepon internasional dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

4. Pembayaran

Saat ini baru sekitar 15 juta orang Indonesia yang memiliki kartu kredit. Namun, hampir semua OTA asing hanya menerima pembayaran atau jaminan menggunakan kartu kredit. Untuk mengatasi keterbatasan ini, GONLA.com menawarkan sistem pembayaran yang paling komprehensif. Selain melalui kartu kredit, pelanggan GONLA.com dapat melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening kami di enam bank nasional terbesar (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata, CIMB Niaga), Paypal, bahkan juga membayar tunai di kantor-kantor GONLA.com.

PROMO: Cash Back Rp100.000

Dalam rangka peluncuran ini, hingga tanggal 30 September 2012, GONLA.com memberikan promo menarik berupa cash back atau potongan harga langsung untuk setiap pemesanan hotel secara online sebesar Rp50.000 dan Rp100.000 per pemesanan. Untuk informasi selengkapnya, klik di sini.


Jakarta, 24 September 2012

Media Contact
Suci Primadhanti, Public Relation Officer (+62812-1048-3031), suci@gonla.com



0 komentar:

Posting Komentar