Penawaran  Kredit Tanpa Agunan (KTA) Seringkali kita dapatkan, contohnya mungkin penawaran dari mandiri KTA. Beberapa dari kita mungkin kurang mengerti mengenai kredit tanpa agunan ini, bagaimana prosedurnya, apa bedanya dengan kredit yang lainnya dan sebagainya.

mandiri ktaKredit tanpa agunan adalah kredit yang diberikan bank tanpa menggunakan agunan atau jaminan, karena tanpa jaminan maka keputusan pemberian kredit berdasarkan riwayat kredit pemohon secara pribadi. Artinya, kemampuan pemohon melaksanakan kewajiban pembayaran kembali suatu pinjaman adalah pengganti jaminan.Tapi biasanya Kredit Tanpa Agunan ini memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan kredit lainnya dan kredit tanpa agunan ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan peminjam. Contohnya, seperti sekarang ini banyak yang menggunakan dana KTA sebagai down payment KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ataupun kredit kendaraan. Tentu hal ini tidak disarankan.

Jumlah pinjaman KTA yang diberikan tergantung masing-masing lembaga keuangan, misalnya Mandiri KTA memberikan limit pinjamin hingga 200 juta rupiah. Karena tidak ada harta yang dijaminkan membuat bank akan menanggung risiko pemberi pinjaman semakin tinggi. Selain itu, jangka waktu kreditnya juga dibatasi agar tidak terlalu panjang antara 1 sampai 3 tahun.
Kredit Tanpa agunan sebaiknya digunakan untuk modal bisnis jika bisnis benar-benar dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dari bunga KTA itu sendiri. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar