Riset di Harvard University menunjukkan bahwa orang yang teratur sarapan pagi memiliki hingga 50 persen kecenderungan untuk tidak mengalami kegemukan dibandingkan mereka yang melewati sarapan.

1. Sarapan memenuhi nutrisi yang diperlukan. Menunda sarapan membuat tubuh sulit memperoleh nutrisi dan vitamin yang diperlukan.

2. Sarapan menurunkan berat badan karena saat beraktivitas dengan perut kosong tubuh akan membakar kalori secara lambat. Sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolism yang berarti pembakaran kalori sepanjang waktu menjadi efisien.

sarapan pagi
sarapan pagi
3.  Sarapn meningkatkan kemampuan otak. Riset ahli Universitas Swansea  Wales membuktikan bahwa peljar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22% lebih tinggi dibanding yang tidak sarapan. Ketika bangun pagi, sebagian besar energy-dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis. Glukosa adalah bahan bakar yang diperlukan otak. 

4. Sarapan dapat menurunkan risiko sakit jantung. Riset  menunjukkan, wanita sehat yang melewatkan sarapan selama 2 jam memiliki kadar kolesterol buruk (LDL) lebih tinggi dibanding yang bersarapan semangkuk sereal plus susu di pagi hari. \

Sarapan sehat:

1. Sarapan sebaiknya mengandung sedikitnya 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara segelas susu atau yogurt) plus protein dan lemak.

2. Jika taka da waktu sarapan, bawalah roti isi dan susu untuk dinikmati dlaam perjalanan.

3. Telur dadar merupakan makanan praktis. Kandungan nutrisi dalam telur, seperti vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalsium, kalium dan zat besi lainnya

4. Bila Anda selalu tidak merasakan lapar pada pagi hari, sebaiknya menghentikan makan seusdah jam 8 malam.

Mari mulai hari kita dengan sarapan. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar