Banyak yang sudah paham bahwa serangan jantung bisa terjadi akibat dari tingginya kadar kolesterol dalam darah yang kemudian menimbulkan plak pada pembuluh darah. Untuk mencegahnya mereka akhirnya memilih untuk menghindari makanan berlemak sebagai cara mencegah penyakit jantung. Harapannya dengan melakukan hal ini mereka akan terbebas dari risiko serangan jantung yang merupakan salah satu dari 3 jenis penyakit jantung yang umum di masyarakat.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak hanya kolesterol saja yang bisa menyebabkan serangan jantung?
Yap, bagi Anda yang tidak berhati-hati dengan kadar gula dalam darah, Anda juga bisa berisiko mengalami serangan jantung. Sebab diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung, dan berikut ini adalah penjelasannya.
Diabetes adalah penyakit yang bisa mempengaruhi pembuluh darah besar (makrovaskular) maupun pembuluh darah kecil (mikrovaskular). Itulah sebabnya penyakit ini bisa mempengaruhi berbagai organ dalam tubuh, termasuk jantung. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan aliran darah seseorang menjadi tidak lancar. Akibatnya otot jantung akan mengalami kekurangan asupan nutrisi dan oksigen.

Dikutip dari situs dokter.id, menurut the National Heart Association, pada tahun 2012 ada sekitar 65% penderita diabetes yang meninggal karena mengalami gangguan jantung atau stroke. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan seseorang menderita penyakit jantung 2x lebih besar pada penderita diabetes dibandingkan dengan yang tidak menderita diabetes. Bahkan, ketika serangan jantung terjadi pada penderita diabetes, dampaknya juga akan jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak menderita penyakit ini.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, jelas bahwa diabetes bisa meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung. Padahal seseorang yang bukan penderita diabetes saja, bisa mengalami kematian akibat serangan ini. Agar Anda dapat terhindar dari bahayanya, ada baiknya jika Anda tidak hanya terfokus pada pencegahan penyakit jantung saja, tetapi juga pada berbagai penyakit lainnya, termasuk diabetes.

Caranya? Yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung pemanis, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan menerapkannya, maka Anda tidak hanya mengurangi risiko diabetes saja, tetapi juga beberapa penyakit kritis lainnya. (Vita)


0 komentar:

Posting Komentar