Solar Water Heater mulai banyak dipilih oleh masyarakat di bandingkan dengan Water Heater jenis lainnya. Walaupun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Water Heater lainnya, namun biaya yang harus dikeluarkan saat penggunaannnya jauh lebih hemat. Hal ini disebabkan karena Solar Water Heater menggunakan panas dari cahaya matahari sebagai sumber tenaga untuk memanaskan airnya, dan kita tidak perlu membayar biaya apapun untuk mendapatkan panas matahari. Sementara, jika Water Heater listrik maka akan meningkatkan biaya listrik bulanan yang harus kita bayar setiap bulannya, begitu pula dengan Water Heater gas.
Namun, agar Solar Water Heater dapat bekerja dengan efektif maka pemasangan solar panelnya pun
Water Heater
haruslah tepat. Pemasangan yang kurang tepat akan membuat proses pemanasan air menjadi tidak sempurna, atau bahkan kita tidak dapat menikmati air hangat untuk mandi sesuai keinginan kita. Walaupun kita menggunaka jasa pemasangan dari pihak yang telah profesional, namun tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui bagaimana proses pemasangan yang tepat.
·         Jangan letakkan solar panel di lokasi yang terhalang pohon atau apapun yang bisa membuat panel tertutup oleh bayangan. Sebaiknya, cari lahan terbuka yang sama sekali tidak akan terhalang. Panas matahari yang mengenai langsung panel ini secara efektif, akan sangat berpengaruh terhadap proses pemanasan.
·         Arah pemasangn panel pada setiap tempat akan berbeda. Lakukan pengamatan terlebih dahulu, sisi mana dari atap rumah yang terkena sinar matahari paling lama. Dengan begini, proses pemanasan air akan dapat berlangsung lebih efektif.
·         Pasang panel dengan sudut kemiringan antara 20O hingga 30O dari tanah. Pada sudut ini, sinar matahari akan jatuh tegak lurus pada panel.
Solar Water Heater menggunakan panas matahari sebagai sumber panasnya, karena itu ada beberapa yang masih ragu dengan Water Heater jenis ini terutama saat musim hujan. Namun, saat ini sudah banyak Solar Water Heater yang dilengkapi teknologi agar tetap dapat menyerap panas yang dikeluarkan matahari meskipun mendung. Meskipun tidak dapat bekerja secara efektif seperti saat musim kemarau, namun Solar Water Heater masih tetap dapat digunakan. Selain itu, Solar Water Heater juga dilengkapi tenaga listrik yang dapat dimanfaatkan untuk saat-saat tertentu. (Yv)

0 komentar:

Posting Komentar