Dump truck merupakan salah satu jenis alat berat yang berguna untuk mengangkut benda atau material dari satu tempat ke tempat lainnya. Perbedaan Dump truck dengan truck biasa adalah metarial yang berada di dalamnya bisa dikosongkan dengan bantuan sistem hidrolik, tanpa menggunakan tenaga manusia atau manual. Material yang diangkut pada Dump truck ini biasanya berupa pasir, kerikil, dan tanah untuk bahan konstruksi serta beragam material untuk sektor pertambangan.
Sesuai besaran muatanya, Dump truck dibedakan menjadi dua golongan, yakni On Highway Dump truck dan Off Highway Dump Truck.

dump truckOn Highway Dump Truck
Merupakan Dump truck dengan muatan yang lebih kecil dari 20 meter kubik. Beberapa jenis dump truk yang masuk dalam golongan ini adalah.

·         Standard Dump truck (Dump truck tipe standar)
Standard Dump truck terdiri dari bak terbuka yang menempel atau terpasang pada casis truk. Bak terbuka ini bisa dinaikkan dan diturunkan dengan menggunakan penggangkat sistem hidrolik (hydraulic ram) yang terpasang di antara bak dan badan truk. Dump truk tipe standar ini biasanya dibedakan lagi menjadi truk roda enam dan roda sepuluh. 

·         Dump truck with additional trailer (Dump truk gandeng)
Dump truck gandeng merupakan dump truk standar yang ditambahkan satu trailer atau bak penampungan di belakangnya, mirip seperti truk gandeng. Bak tambahan di belakang ini membuat Dump truck bisa mengangkut material lebih banyak. Bak tambahan tersebut juga dilengkapi dengan sistem hidrolik, pneumatic, atau listrik sehingga bisa tetap efektif dalam beroperasi. Selain satu bak tambahan, beberapa  transfer Dump truck juga ada yang dilengkapi dengan dua bak tambahan, yang menambah jumlah muatan material yang bisa diangkut dalam sekali jalan menjadi lebih banyak.

Off Highway Dump truck
Adalah Dump truck dengan muatan yang lebih besar dari 20 meter kubik. Beberapa jenis dump truk yang masuk dalam golongan ini adalah:
·         Haul Truck
Haul truck merupakan Dump truck yang sering digunakan pada situs pertambangan. Ukuran Dump truck ini biasanya sangat besar mencapai tinggi 10 meter dan lebar hingga 15 meter. Truk ini pun bisa mengangkut material dari 20 ton hingga 400 ton dalam sekali angkut. (raw)

0 komentar:

Posting Komentar