Cara mengecilkan perut selain berolahraga secara teratur  adalah menjaga pola makan. Sering dikatakan kita adalah apa aynag kita makan. Makanan sehat tentu membuat tubuh sehat juga badan yang proporsional. Pola makan sehat inilah yang merupakan salah satu cara untuk mengecilkan perut.
Seringnya adalah untuk mengecilkan perut, orang lebih memilih makanan yang sehat seperti salad. Salad yang berbahan utama buah dan sayur adalah salah satu hidangan sehat yang paling diminati banyak orang.  Tapi ternyata mengkonsumsi salad untuk menggantikan makanan besar tidak selalu dapat mengecilkan perut karena walaupun bahan utamanya adalah buah dan sayur, bahan pelengkap bisa membuat salad menjadi jahat.

Cara agar salad tidak membuat kalori Anda bertambah banyak adalah dengan mengatur bahan salad yang akan Anda makan. Berikut adalah beberapa tips agar salad Anda tetap sehat dan bergizi :
1.    Hindari bahan ekstra tak berguna atau berkalori tinggi,  misalnya daging asap, keju, dan pasta dalam salad Anda,
2.    Masukkan protein, misalnya tuna, salmon, dan daging ayam tanpa kulit. Protein memberikan efek kenyang lebih banyak, sumber energy, dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Akan lebih baik jika semua itu berupa rebusan atau dikukus. Hindari bila tuna, salmon atau daging disajikan dengan dibakar
3.    Jaga kandungan vitamin pada setiap buah dan sayuran yang akan dikonsumsi. Cucilah dengan benar dalam air kran yang mengalir, dan konsumsi buah dan sayur yang masih segar.Jangan membiarkan buah-buahan yang sudah terpotong dibiarkan saja dalam udara terbuka karena ini dapat merusak kandungan vitamin didalamnya.
4.    Bermainlah dengan warna buah dan sayur agar salad Anda mengundang selera. Kombinasi warna juga dapat memberikan kandungan gizi yang bervariasi. Misalnya buah yang berwarna merah biasanya mengandung betakaroten yang banyak.
5.    Gunakan dressing sehat, pilihlah yang rendah kalori, misalnya : minyak zaitun dan yogurt. Minyak zaitun bermanfaat untuk jantung, menhindari dari diabetes, anti aging, menurut lemak jahat dan masih banyak lagi. Selain itu Yogurt juga sangat dianjurkan karena dapat melancarkan pencernaan , menurunkan resiko darah tinggi, dan yang terpenting adalah membantu Anda cepat kenyang dan kenyangnya ini tahan lama dibandingkan makanan lain.
Untuk dressing sebaiknya Anda hindari mayones, apalagi bila mayones tersebut memiliki jumlah kalori yang tinggi.
Badan sehat, hati senang. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar