Berita mengenai investasi seperti berita investasi emas selalu diikuti perkembangannya oleh para investor. Berita investasi emas memang menarik apalagi saat ini dimana harga emas turun pasca naik ke level tertinggi selama 5 bulan ini. Timbul pertanyaan bagi orang awam mengapa investasi emas begitu digemari? Berikut beberapa alasannya:
1.    Emas mempunyai likuiditas yang tinggi; jauh lebih tinggi dibanding properti, bahkan lebih tinggi di banding investasi berbasis kertas semisal: saham dan reksadana.
2.    Rata-rata kenaikan harga emas per tahun bertumbuh  nilainya berkisar di atas 20% per tahun. 
investasi emas
Investasi Emas
3.    Investasi emas batangan  tidak dikenai pajak karena emas batangan dikategorikan  sebahai bahan  baku.
4.    Dengan berinvestasi emas, kita memiliki kuasa penuh atas investasi kita.
5.    Menyimpan emas juga sangat liquid (mudah diuangkan). Hari ini kita membutuhkan uang cash, hari ini juga bisa kita uangkan. Bisa dijual atau digadaikan.Seperti disaat kita membutuhkan uang untuk keperluan yang mendadak, kita dapat secara bebas menjual atau mengadaikan emas kita.
6.    Tidak ada yang bisa mengintervensi nilai emas, pasar yang adillah yang menentukan nilainya. Berbeda sekali dengan uang kertas yang nilainya bisa saja dipotong atau didenominasi. Nilai emas terletak pada emas itu sendiri, tidak ada yang menetapkan namun memang included terletak pada dirinya sendiri.
Setiap investasi tentu memiliki resiko, Keuntungan dari investasi akan berbanding lurus dengan resiko yang akan diterima. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar