Sebatang pohon sirsak memiliki sejuta manfaat, mulai dari daun sirsak sampai ke akarnya. Kini bahkan daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kanker, dengan penggunanaa yang relatif mudah pohon sirsak memberikan banyak manfaat. Kenali manfaatnya : 

1. Akar Pohon sirsak mengandung senyawa aktif annonain, tannin dan alkaloid. Akar pohon sirsak dikonsumsi biasanay dalam bentuk teh. Dengan kandungan yang didalamnya akar pohon sirsak bermanfaat  sebagai obat penenang, antikejang, antidiabetes, dan menurunkan tekanan darah.

2. Kulit Batang Pohon Sirsak
Kulit batang pohon sirsak biasanya dikonsumsi dengan merebusnya dengan air, dan air dikonsumsi sebagai obat untuk asma, batuk dan hipertensi. Kulit batang pohon sirsak mengandung senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, murisine, dan alkaloid.

3. Daun Sirsak
Daun sirsak memiliki banyak manfaat, sudah sejak lama suku asli hutan Amazon, Amerika menggunakan daun sirsak sebagai obat utnuk penyakit lever, kejang, rematik, batuk,radang sendi hingga nyeri pada saraf.

4. Buah Sirsak
Buah sirsak kaya akan vitamin C selain itu ada juga vitamin A, B1, B2. Karena kaya akan serat, buah sirsak bermanfaat untuk program diet Anda, selain itu dapat juga mengobati disentri, osteoporosis, asam urat, demam,batu empedu hingga diabetes. 

5. Biji Sirsak
Biji sirsak mengandung senyawa bioaktif yang merupakan senyawa alkaloid. Di Indonesia senyawa bioaktif ini biasa digunakan sebagai pestisida nabati. Si suku Amazon sendiri, minyak biji sirsak digunakan sebagai kebutuhan kecntikan dan sebagai obat masuk angin.

6. Bunga sirsak
Rebusan bunga sirsak bermanfaat untuk mengobati masalah pernafasan, obat bronchitis, batuk hingga kabarnya bunga sirsak dimanfaatkan juga sebagai terapi kecanduan narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar