Pet grooming adalah perawatan khusus untuk hewan peliharaan. Grooming adalah bagian penting dalam merawat hewan peliharaan. Pet grooming bukan hanya sekedar memanjakan hewan peliharaan tapi juga berguna untuk mengetaui keadaan (kesehatan) hewan peliharaan Anda. Pet grooming dapat Anda lakukan sendiri.  Berikut cara melakukan pet grooming sendiri :

1. Hewan peliharaan (anjing) tidak akan pernah terbiasa dengan mandi atau sikat, maka buatlah ini menjadi sebuah kebiasaan dengan melakukannya secara teratur.

pet grooming
pet grooming
2. Pakai sikat yang tepat. Sikat yang tepat akan membuat Anjing Anda nyaman sekaligus mempermudah pekerjaan Anda. Menyikat bulu hewan peliharaan akan merangsang dan mendistribusikan minyak alami pada buku Anjing hingga membuatnya bagus dan bersinar. 

3.  Mandikan Anjing di bak mandi, pakai matras atau alas anti slip agar posisi Anjing stabil tidak terpeleset. Gunakan kain lembut dan basah untuk membasuh bagian kepala, terutama kuping karena aning tidak menyukai air di kuping mereka. Gunakan shampoo khusus anjing dan gunakan air hangat. Hindarkan daerah mata, telinga dan mulut agar anjing tetap nyaman.

4. Sama seperti manusia, anjing juga memerlukan perawatan gigi. Bersihkan gigi dan gusi anjing secara rutin.

5. Bila ingin memotong bulu atau pun kuku anjing Anda, pastikan bahwa Anda sudah memahami cara yang benar, karena bila tidak akan berakibat fatal. Bila Anda tidak percaya diri melakukannya sendiri maka serahkan pada ahlinya.

Namun tetap disarankan tetap rutin membawa hewan peliharaan Anda ke salon hewan atau dokter hewan untuk melakukan perawatan lebih mendetail yang tidak dapat Anda lakukan sendiri. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar