Saat seorang ibu melahirkan, banyak persiapan yang dilakukan sebelumnya untuk kebutuhan sang buah hati. Pastinya setiap ibu atau orang tua menginginkan buah hati dapat sehat, biasanya para ibu mulai dari jauh-jauh hari mempelajari semua hal mengenali kelahiran, merawat bayi seperti bagaimana meningkatkan ASI, membaca tangisan bayi dan sebagainya. Namun ada saja masalah yang mungkin diluar dugaan kita seperti 7 hal dibawah ini yang mudah-mudahan tidak dialami oleh buah hati.

1. Kulit Bayi Kuning (jaundice)
Warna kuning bisa diakibatkan penumpukan zat kimia bilirubin. Keadaan ini akan berbahaya bila muncul kurang dari 24 jam setelah lahir. Pada umur lebih dari 14 hari, dan kuning sampai ke telapak tangan atau kaki.

bayi sakit
bayi sakit
2. Pusar kemerahan sampai ke dinding perut bisa menandakan bayi terinfeksi berat. 

3. Kejang pada bayi sulit dibedakan denga gerakan normal, tapi lihat gejala yang tidak biasa dan terjadi berulang-ulang saat bayi di sentuh atau gejala berulang-ulang dalm rupa menguap, mengunyah, bola mata berputar-putar dan sebagainya.

4. Diare yang disertai dengan gejala mata cekung dan kondisi tidak sadar : Jika kulit perut bayi dicubit akan kembali lambat hal ini bisa menandakan bahwa bayi kekurangan cairan dalam tahap kronis.

5. Suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius dipastikan bayi mengalami demam, bisa juga kalau suhu tubuhnya terasa dingin dengan suhu tubuh kurang dari 36,5 derajat celcius

6.  Infeksi berat dapat ditandakan dengan bayi tidak mau menyusu atau memuntahkan semua yang diminum.

7.  Bayi bergerak hanya saat dipegang ini bisa menandakan bayi sakit berat dan kondisi tubuhnya lemah.
Namun dari semua gejala diatas, yang paling terutama adalah perasaan seorang ibu yang mengetahui buah hatinya sakit. (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar