UKM atau usaha kecil menengah kini sedang menjadi primadona.  Usaha kecil yang bermodal kecil ini sarat dengan keunggulan. Misal pada sifatnya yang fleksibel, kemampuan menyerap tenaga kerja, serta kemampuan bertahan di kondisi ekonomi yang sulit.

Intisari  edisi Februari 2011, dengan mengutip dari Pietra Sarosa, RFA, MSM, managing director Sarosa Consulting Group, memaparkan empat empat bidang peluang yang bisa dijalankan, mulai dari yang berskala mikro, kecil, hingga menengah.
1. Bisnis makanan
Makanan kini tidak hanya untuk memenuhi rasa lapar, tapi juga sebagai gaya hidup. Bisnis makanan juga semakin mempopulerkan sistem waralaba. Sistem ini menjadi bukti berkembangnya UKM di Indonesia karena akan banyak memunculkan inovasi baru. Sistem ini juga masih akan diminati karena memberi kemudahan bagi pelaku usaha.

2. Bisnis pendidikan 
Pendidikan menjadi kebutuhan dasar manusia menjadi pertanda bahwa bisnis pendidikan akan menjadi tren. Bidang pendidikan juga selalu membuat inovasi baru, sehingga tak heran jika perkembangan pendidikan non formal, seperti kursus-kursus banyak bermunculan. Ke depan, kata Pietra, bisnis ini tak hanya berkembang untuk memenuhi kebutuhan primer, melainkan juga sekunder.

3. Bidang kesehatan
Kesehatan itu mahal harganya, hal ini yang membuat orang biasanya rela mengeluarkan dana berapa pun untuk sehat kembali, meski uang yang dikeluarkan mencapai jutaan rupiah. Tak heran kalau bisnis kesehatan ini menjadi idola bagi para pelaku usaha.

4. Bidang jasa
Bisnis jasa diperkirakan akan terus booming di tahun 2011. Beberapa bisnis jasa yang diprediksi bakal laris di antaranya jasa penitipan anak, jasa hiburan, rekreasi, jasa konsultasi, jasa software(jual beli aplikasi), jasa kreatif (animasi, sablon, salon, dll), serta jasa ketenagakerjaan.

Tertarik berbisnis? (Mew)

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus