Seni sangatlah bebas, berbagai bidang dapat digunakan, dan yang membatasi hanyalah imajinasi sang pelaku seni. Dari sekian banyak bidang atau medium seni, panel beton merupakan salah satu yang paling unik. Meskipun Harga Pagar Panel Beton relatif tinggi, namun hal tersebut tidak mengurungkan niat para pelaku seni.
Beberapa pelaku seni lebih memilih beton dibanding bidang-bidang lain yang lebih lazim dan lebih mudah diolah (seperti tanah liat, dan kayu), karena memiliki kekuatan yang tinggi, dan juga tingkat kesulitan yang tidak rendah, sehingga lebih menantang. Selain itu, beton juga lebih tahan lama dan tahan terhadap cuaca, sehingga cocok untuk monumen perkotaan yang akan selalu senantiasa berhubungan dengan alam. Pelaku seni yang menggunakan beton sebagai bidang utama biasa disebut Concrete Sculptor atau pemahat beton.
Terdapat 2 jenis pahatan beton yang dibagi berdasarkan metode pembuatan betonnya.
-          Pahatan beton menggunakan beton precast yang telah dicetak di pabrik. Beton yang telah dicetak di pabrik kemudian dipahat dan dijadikan bidang seni oleh pemahat beton.

contoh pahatan beton menggunakan beton precast. Dipahat oleh Cristoph Weber dari Austria pada tahun 2012.




-          Pahatan beton yang dicetak sendiri. Terdapat juga pemahat yang lebih memilih mencetak betonnya sendiri guna mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Ini juga cocok bagi para pemahat yang ingin lebih bebas.
-           
Contoh pahatan beton menggunakan beton yang dicetak sendiri. Dibuat oleh Max Bill dari Swiss pada tahun 1946.

Selain dari metode pembuatan betonnya, terdapat banyak jenis lain. Ada seni memahat beton yang dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti resin, pasir, dan lain sebagainya. Ada juga yang memiliki fungsi praktikal dan bukan hanya pemanis ruangan, seperti jam dinding dengan bidang dasar dari beton, tangga yang terbuat dari beton, hingga kursi yang dibuat dengan jenis beton khusus yang ringan. Untuk menambah nilai seni, beton dapat dipadukan dengan material lain seperti kayu agar menjadi trend hunian modern.

Selain semua yang disebutkan di atas, masih banyak jenis seni dengan beton lainnya, karena sama dengan bentuk seni lainnya, seni memahat beton juga memiliki kebebasan yang sebebas-bebasnya. Kebebasan seni hanyalah dibatasi oleh imajinasi sang pelaku seni. (RR)



0 komentar:

Posting Komentar