Google selalu memberikan pembaruan-pembaruan yang canggih, kini ada berita terbaru lagi yaitu pencarian dengan menggunakan tulisan tangan

Google memperkenalkan Handwrite, cara baru untuk berinteraksi dengan mesin pencari Google. Sesuai namanya, Handwrite akan mengenali tulisan tangan Anda yang dapat ditorehkan di bagian layar mana pun saat membuka Google.com. Diciptakan duet Larry Page dan Sergey Brin khusus untuk smartphone dan tablet yang biasanya menggunakan keyboard virtual.

google handwriting
handwriting
Tentu saja fitur ini dibuat dengan tujuan memudahkan dalam urusan pencarian. Jadinya pengguna tak perlu lagi dibuat repot mengetik di keyboard virtual yang kadang kala sering salah ketik. Cukup coret-coret di layar smartphone dan tablet, Google akan langsung  mengenalinya.
 
Cara mengaktifkannya cukup sederhana. 

1. Setting Google.com Anda, settingan berada di bagian bawah browser atau bisa juga akses  settings dengan mengunjungi google.com/preferences.


2. Pada settings, enable bagian handwrite dan "save" 

Setelah setting selesai saatnya Anda dapat menggunakannnya: 

1. Tekan icon Handwrite di bagian pojok kanan di layar perangkat Anda untuk mengaktifkan Handwrite.

2. Gunakan jari atau stylus untuk menulis kata kunci yang ingin dimasukkan. Jika sudah mentok di kanan atau kiri layar, Anda dapat meneruskan menulis di bawah tulisan sebelumnya.

3. Saat menulis, teks tulisan tangan tersebut akan diubah menjadi tulisan di kotak search. Untuk menambah spasi, tekan tombol Space di bagian bawah. Begitu juga menghapus huruf dapat dilakukan dengan tombol backspace di sebelah tombol Space.

4. Untuk mempercepat pencarian, Anda juga bisa menekan salah satu hasil pencarian yang dianjurkan Google. 


5. Tekan ikon search untuk melakukan pencarian dari kata kunci tersebut.
Perlu dicatat; Handwrite mendukung ponsel Android dengan sistem operasi GingerBread 2.3 ke atas, perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod Touch) dengan iOS 5 ke atas, serta tablet Android versi 4.0 ke atas. Dan kerennya Handwrite ini juga mendukung lebih dari 27 bahasa, termasuk tulisan Kanji.


Patut dicoba!

2 komentar: