Beberapa orang mungkin masih tidak mengetahui apa itu Program Point of Sales. Point of Sales adalah program atau system yang digunakan untuk mesin kasir, terkadang disebut juga sebagai Point of Purchase (POP)
Mesin point of sales pertama kali untuk kepentingan komersial adalah IBM 3653/3663.  Di pertengahan tahun 1974, mesin ini pertama kali dipasang di toko Pathmark, New Jersey dan Departemen Store Dillard. Namun perangkat point of sales yang lebih baik, yang sudah dilengkapi microprosessor, diciptakan oleh William Brobeck and Associates untuk waralaba McDonald pada tahun 1974. 

Uniknya, tombol-tombol mesin point of sales ini diciptakan sesuai dengan menu-menu yang terdapat di McDonald. Sebagai ilustrasi, saat petugas register atau kasir menekan tombol pertama, tombol itu mengarah ke pilihan menu Big Mac, maka di monitor langsung muncul harganya.

Program point of sales mengalami inovasi pertamanya pada tahun 1979. Saat itu Gene Mosher menciptakan program point of sales yang bisa beroperasi dalam Apple II. Program ini dipakai oleh Kafe Old Canal di Syracuse, New York. Lalu beranjak ke tahun 1986, Mosher kembali membuat gebrakan dengan memanfaatkan Atari ST dan membundel NeoChrome untuk menciptakan program point of sales mutakhir. Ia kemudian memasarkannya sebagai perangkat lunak point of sales bergrafis dengan layar sentuh.
Program Point of Sales digunakan untuk perhitungan kasir yang lebih mendetail, seperti stok barang informasi penjualan dan stok secara rinci, akurat, lengkap,  terintegrasi dengan sistem AP (account payable) dan AR (account receivable) dan GL (general ledger). (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar